Dalam rangka proses pengembangan SPIPISE (under construction) maka permohonan IP, IP Perluasan, IP Alih Status, IP Penggabungan dan IP Perubahan akan ditutup mulai tanggal 22 Desember 2017 s/d 2 Januari 2018. Permohonan yang diterima melalui SPIPISE sampai dengan 22 Desember 2017 akan diproses dengan mekanisme lama. Permohonan yang diajukan mulai tanggal 2 Januari 2018 akan diterbitkan sebagai Pendaftaran Investasi (PPM). Untuk edaran lengkap, klik di sini.

Layanan Konsultasi PTSP Pusat di BKPM

   

​SURAT EDARAN

NOMOR 3/A.8/2018

TENTANG

PENGATURAN SISTEM LAYANAN KONSULTASI PERIZINAN DAN NONPERIZINAN
SERTA LAYANAN PENGAJUAN PERMOHONAN NONPERIZINAN
PADA FRONT OFFICE (FO) PTSP PUSAT DI BKPM

​Terhitung sejak tanggal 20 Februari 2018, PTSP Pusat di BKPM akan melakukan penerapan mekanisme baru untuk Layanan Konsultasi BKPM melalui www.investindonesia.go.id. Mekanisme ini menggantikan proses lama dimana tamu menyampaikan pertanyaan langsung terkait pelayanan perizinan kepada petugas FO Konsultasi. Dengan proses baru ini, tamu menyampaikan daftar pertanyaan melalui www.investindonesia.go.id dan kemudian akan mendapatkan informasi waktu akan dilayani. Pemohon hanya dapat melakukan pendaftaran untuk 1 (satu) kali konsultasi pada hari yang sama, dan nomor antrian hanya dapat diambil pada waktu yang telah ditentukan. Pengambilan nomor antrian diluar jadwal yang telah ditentukan, tidak akan dilayani.

Mekanisme konsultasinya adalah sebagai berikut:

  • Masuk ke www.investindonesia.go.id
  • Pilih menu “Invest with Us”
  • Pilih “Contact Us”
  • Pilih “BKPM Consultation”
  • Silahkan input data pribadi dan tulis daftar pertanyaan

Mekanisme ini khusus untuk konsultasi BKPM, tidak termasuk konsultasi dengan Helpdesk, LKPM, Masterlist, dan Pengaduan serta LO Kementerian/Lembaga di PTSP Pusat BKPM.

Pengambilan nomor antrian dimulai pada Senin s/d Jumat pukul 07.30 - 12.00 WIB.

Pelaksanaan FO dilaksanakan pada Senin s/d Jumat pukul 08.00 - 15.00 WIB.

Waktu Layanan Konsultasi BKPM selama 15 (lima belas) menit dan tidak diberlakukan jam istirahat.

Uji coba akan dilakukan mulai tanggal 8 Februari 2018 sampai dengan 15 Februari 2018. Selama masa transisi ini, sistem pelayanan lama masih akan dilakukan dengan pertimbangan tertentu (khusus tamu perusahaan dengan menunjukkan ID Card perusahaan).

Pelaksanaan mekanisme baru akan diterapkan secara penuh mulai tanggal 20 Februari 2018.

Untuk informasi lengkap, silahkan mengunduh dokumen berikut.