Overview
Sumatera adalah pulau terbesar keenam di Dunia dengan luas 473.481 km². Pulau Sumatera merupakan penyumbang ekonomi terbesar kedua Indonesia setelah Pulau Jawa. Hasil-hasil utama pulau Sumatera ialah kelapa sawit, karet, hasil kayu, minyak bumi, timah, bauksit, batu bara dan gas alam. Mayoritas industri di Pulau Sumatera merupakan industri pengolahan hasil bumi, terutama kelapa sawit yang banyak terkonsentrasi di Lampung, Sumatera Selatan, Jambi, Riau, dan Sumatera Utara. Di sisi akses transportasi, pelabuhan Kuala Tanjung di Sumatera Utara sedang disiapkan untuk menjadi hub internasional di sisi barat Indonesia.
Overview
Jawa adalah pulau dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia. Ibukota Indonesia, Jakarta terletak di Pulau Jawa. Pulau Jawa adalah hingga saat ini masih menjadi pusat ekonomi Indonesia, didukung oleh kawasan industri yang berkembang di sepanjang pantai utara Jawa, terutama daerah Cilegon (Banten), Tangerang (Banten), Bekasi (Jawa Barat), Karawang (Jawa Barat), Gresik (Jawa Timur), dan Sidoarjo (Jawa Timur). Selain industri, perekonomian di Pulau Jawa juga didukung sektor pertanian dan perkebunan yang memiliki porsi 47% dari produksi national. Sektor perdagangan dan jasa juga mendukung pertumbuhan ekonomi di Jawa.
Overview
Bali (dan berkembang ke Nusa Tenggara) merupakan salah satu tujuan wisata terpopuler di dunia. Selain pariwisata, wilayah Bali dan Nusa Tenggara juga didukung sektor peternakan dan perikanan, terutama peternakan sapi.
Overview
Perekonomian di Kalimantan masih didominasi oleh sektor komoditas yaitu pertambangan (batubara, emas), minyak bumi dan gas, kayu, kelapa sawit, dan karet. Pariwisata juga cukup berkembang di beberapa wilayah seperti Kalimantan Timur.
Overview
Sulawesi adalah salah satu pulau dengan pertumbuhan ekonomi tercepat di Indonesia dalam waktu beberapa tahun terakhir. Perekonomian di Pulau Sulawesi didukung oleh pertanian dan perkebunan, terutama coklat, kelapa, dan padi. Pertambangan nikel dan industri smelter juga turut menyumbang pertumbuhan ekonomi di pulau Sulawesi.
Overview
Perekonomian di Papua dan Maluku sejauh ini masih ditopang oleh pertambangan (tembaga dan nikel), minyak dan gas, dan perikanan. Namun, wilayah Papua diarahkan untuk mendukung sektor pertanian nasional mengingat potensi wilayah yang dimiliki.